.post-body.entry-content { text-align: justify; }

Minggu, 24 Maret 2013

Pemilihan Tema




1     Pemilihan Tema/Ide
Memilih ide penelitian memerlukan suatu kepekaan dari calon peneliti. Ide atau masalah penelitian bisa diperoleh dari berbagai cara. Di antaranya:
               1.   Membaca penelitian-penelitian terdahulu untuk langkah penelitian lanjutan,                                 penelitian pendalaman, atau penelitian pengembangan;
2.   Mengamati: (a) kejadian yang terjadi di alam sekitar kita; (b) kegiatan masyarakat dalam meningkatkan kesejahteraan dan taraf hidupnya; (c) cara kerja yang efektif (d) hasil diskusi dengan teman, guru, atau forum ilmiah yang membahas tentang mencari solusi suatu masalah.
3.   Mencari kesesuaian pemikiran dari teori-teori yang sudah dibaca dan diketahui.
Contoh: Dari teori menyebutkan lapisan ozon menipis sehingga terjadinya global warming salah satu penyebabnya adalah adanya gas buang N2O dan CO2 ke udara. Teori lain menyebutkan bahwa gas N2O dan CO2 dihasilkan oleh banyak hal, di antaranya oleh tanaman yang diberikan pupuk kimia (Urea atau NPK) yang digunakan petani. Titik singgungnya adalah: adakah jenis pupuk lain (ramah lingkungan) yang tidak terlalu banyak menghasilkan gas N2O dan CO2?
4.    Mencari cara-cara baru untuk mempermudah cara kerja lama.
Contoh: menemukan teknologi baru dalam bidang pertanian yakni, menemukan mesin penggiling padi yang dianggap lebih baik dari mesin yang telah digunakan selama ini, misalnya dalam efektifitas waktu, kualitas hasil penggilingan, perawatan yang mudah, dll.
5.     Memanfaatkan suatu limbah yang dapat dimanfaatkan jika dilakukan pengolahan.
Contoh: seperti limbah dapur atau pedagang sayur untuk kompos, limbah serbuk gergaji kayu untuk media tanaman atau bahan bakar kompor, kotoran ternak untuk bio gas, tombong kelapa untuk selai, dll.
6.     Keinginan atau perintah pihak luar untuk dilakukan penelitian karena ada kepentingan khusus.
Contoh: perusahaan INDOSAT mengadakan lomba KIR berjudul “Keunggulan Produk Indosat dalam Persaingan Media Komunikasi di Indonesia

Sumber:

Ahmadi, Mukhsin. 1990. Keterampilan Berbahasa & Apresiasi Sastra. Malang:     YA3

Mulyono, Iyo.  2011. Dari Karya Ilmiah Sampai Dengan Soft Skills. Bandung: Yrama Widya.
Soeseno, Slamet. 1984. Teknik Penulisan Ilmiah Populer. Jakarta: PT Gramedia.
 


0 komentar:

Posting Komentar