.post-body.entry-content { text-align: justify; }

Minggu, 24 Maret 2013

Pengertian



KARYA ILMIAH





Pengertian
Apa itu karya ilmiah? Pertanyaan yang harus terlebih dulu dijawab sebelum kita membuat sebuah karya ilmiah. Banyak pengertian dari para ahli tentang apa itu karya ilmiah, beberapa di antaranya
sebagai berikut,
1)      Warriner (1997) menyatakan bahwa karya ilmiah adalah  suatu karya nonfiksi yang ditulis berdasarkan fakta/data, menggunakan istilah-istilah teknis, dan menggunakan bahasa formal, serta sistematis untuk keperluan akademis.
2)      Brotowidjoyo (2002:81) Karya ilmiah adalah karangan yang disajikan secara sistematis,   cermat, tidak emotif, tidak persuasif, kata-katanya mudah diidentifikasi, tidak argumentatif, tulus, tidak mengejar kepentingan pribadi, dan semata-mata memberi informasi.
3)      Djuroto (2009:12) karya ilmiah adalah suatu tulisan yang membahas suatu masalah. Pembahasan itu dilakukan berdasarkan penyelidikan, pengamatan, pengumpulan data yang didapat dari suatu penelitian, baik penelitian di lapangan, tes laboratorium ataupun kajian pustaka.  
Berdasarkan berbagai pengertian di atas maka, dapat disimpulkan karya ilmiah merupakan salah satu keterampilan berbahasa yaitu berkomunikasi secara tidak langsung melalui sebuah tulisan nonfiksi/ilmiah yang sistematis serta terikat ciri-ciri dan syarat yang melingkupinya.  

0 komentar:

Posting Komentar