.post-body.entry-content { text-align: justify; }

Rabu, 03 April 2013

Penulisan Pendahuluan


         I.          Penulisan Pendahuluan
            Bagian pendahuluan dalam karya ilmiah berisi uraian secara lebih rinci yakni,
a)      Latar Belakang Masalah
Latar belakang berisi tentang alasan-alasan pemilihan topik bahasan. Tujuan bagian ini meyakinkan pembaca bahwa masalah tersebut penting untuk dikaji.
Contoh:
Latar belakang karya ilmiah yang berjudul “Pengaruh Budaya Ahad Bersih dengan  Perilaku  Kebersihan  Siswa di  Madrasah Aliyah  Plus Keterampilan Al Irsyad Gajah”


b)     Rumusan Masalah
Perumusan Masalah, Pertanyaan, dan Tujuan Penelitian
a)        Perumusan Masalah Penelitian
Terdapat dua pengertian pokok dari kata masalah dalam KBBI. Pengertian pertama adalah persoalan yang harus dipecahkan atau dicari pemecahannya. Rumusan pokok masalah penelitian yang dilandasi pengertian tersebut, misalnya sebagai berikut.
a)         Rendahnya kemampuan berbahasa Inggris para lulusan sekolah menegah atas.
b)        Pengunjung pasar tradisional yang secara kuantitatif terus menurun.
c)         Sektor pariwisata Jawa Timur yang belum berkembang secara optimal.
Pengertian yang kedua dari perkataan masalah adalah hal, ihwal, atau topik. Rumusan pokok masalah penelitian yang sejalan dengan pengertian kedua ini, diantaranya adalah sebagai berikut.
a)         Pengaruh budaya ahad bersih dengan perilaku kebersihan siswa
b)        Penggunaan kalimat ragam pasif pada pidato kedinasan.
c)         Pedagang kaki lima di kota-kota besar di Indonesia.
b)        Perumusan Pertanyaan Penelitian
Dari rumusan masalah penelitian tersebut, dirumuskanlah pertanyaan-pertanyaan penelitian yang akan dicari jawabannya melalui penelitian itu.
Di bawah ini dirumuskan pertanyaan-pertanyaan penelitian dari dua buah rumusan masalah yang akan dikemukakan di atas.
a)   Pertanyaan penelitian untuk pengaruh budaya ahad bersih dengan perilaku kebersihan siswa:
1)  Adakah pengaruh budaya ahad  bersih berpengaruh  pada perilaku  kebersihan  siswa pada MA Plus Keterampilan Al Irsyad Gajah?
2)  Bagaiamana pengaruh budaya ahad bersih dengan  perilaku kebersihan siswa pada MA Plus Keterampilan Al Irsyad Gajah?
b)     Pertanyaan penelitian untuk studi tentang penggunaan ragam kalimat pasif dalam pidato kedinasan:
1)        Seberapa seringkah ragam kalimat pasif digunakan?
2)  Ragam kalimat pasif yang manakah yang digunakan dan bagaimanakah keseringannya?
3)        Adakah alasan dari penggunaan ragam kalimat pasif tersebut?
4)        Adakah kesadaran dari pihak penutur bahwa dia menggunakan kalimat pasif, tidak menggunakan ragam kalimat aktif?
5)        Tepatkah struktur kalimat pasif yang digunakan itu?
c)    Perumusan Tujuan Penelitian
Perumusan tujuan penelitian selalu sejalan dengan perumusan pertanyaannya. Dengan begitu, tujuan dari masalah-masalah penelitian di atas dapat dirumuskan sebagai berikut.
Tujuan penelitian pengaruh budaya ahad bersih dengan perilaku kebersihan siswa dengan rincian:
1)  Mendeskripsikan seberapa besar pengaruh budaya ahad bersih terhadap perilaku kebersihan siswa di MA Plus Keterampilan Al Irsyad Gajah.
2)   Mendeskripsikan bentuk pengaruh budaya ahad bersih terhadap perilaku kebersihan siswa di  MA Plus Keterampilan Al Irsyad Gajah.
Tujuan penelitian tentang penggunaan ragam kalimat pasif dalam pidato kedinasan adalah terdeskripsikan informasi tentang penggunaan ragam kalimat pasif, dengan rincian:
1)        Deskripsi tentang frekuensi penggunaannya,
2)        Deskripsi tentang jenis-jenis ragam kalimat pasif yang digunakan,
3)        Deskripsi tentang alas an penggunaannya, dan
4)        Deskripsi tentang kesadaran penutur dalam memilih dan menggunakannya.
Menyangkut perumusan tujuan penelitian seperti yang dikemukakan di atas tidak benar menggunakan frasa “untuk mengetahui”. Frasa yang relevan untuk digunakan, selain “untuk mendeskripsikan”, relevan juga frasa “untuk memaparkan”, “untuk menggambarkan”, atau “untuk memerikan”.
Perumusan tujuan penelitian tidak bisa disatukan dengan tujuan penulisan hasil penelitian. Tujuan penulisan tepatnya dirumuskan di halaman judul dan di bagian kata pengantar. Perumusan tujuan penulisan akan disesuaikan dengan lembaga tempat penelitian itu diselenggarakan. Rumusannya adalah sebagai berikut.
a.    Tujuan penulisan hasil penelitian ini adalah untuk memenuhi syarat Ujian Akhir Program untuk jenjang S-1.
b.    Tujuan penulisan laporan penelitian ini adalah untuk memenuhi harapan penyelenggaraan Proyek Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Daerah di Indonesia.
d)   Manfaat
Suatu kegiatan yang telah direncanakan dengan baik dan dilaksanakan sesuai dengan rencana pasti akan memberikan manfaat bagi pihak-pihak tertentu yang terkait dengan kegiatan tersebut. Kegiatan penulisan karya ilmiah akan memberikan manfaat bagi pihak terkait dengan karya ilmiah tersebut. Diantaranya adalah guru, siswa, dan sekolah.
Contoh:
Manfaat karya ilmiah yang berjudul “Pengaruh Budaya Ahad Bersih dengan  Perilaku  Kebersihan  Siswa di  Madrasah Aliyah  Plus Keterampilan Al Irsyad Gajah”


e)    Sistematika Penulisan
BAB I PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
1.2 Rumusan  Masalah  
1.3 Tujuan Penulisan
1.4 Manfaat Penulisan  
1.5 Sistematika Penulisan

BABII KAJIAN PUSTAKA
2.1 Kajian Pustaka
2.2 Kerangka Teoretis
2.2.1 …
2.2.2 …

BAB III METODE PENULISAN 
3.1  Waktu dan Tempat Penelitian
3.2   Metode Penentuan Subjek Penelitian
3.3   Variabel Penelitian
3.4   Metode Pengumpulan Data
3.5  Metode Analisis Data

BAB IV PEMBAHASAN  
4.1  Persiapan Penelitian
4.2  Pelaksanaan Penelitian
           
BAB  V PENUTUP
5.1 Kesimpulan
1.2  Saran-saran

f)     Kajian Pustaka
Kajian pustaka adalah kajian teori yang mendasari penelitian dan dapat mengungkap tentang: What (apa) berupa definisi atau pengertian, Who (siapa) berupa penemu atau pendapat siapa, Why (mengapa) mengapa teori itu ada, How (bagaimana) teori itu digunakan atau hasil penelitian terdahulu (oleh orang lain) (Suyitno, 2011:51).
Contoh:
Kajian Pustaka karya ilmiah yang berjudul “Pengaruh Budaya Ahad Bersih dengan  Perilaku  Kebersihan  Siswa di  Madrasah Aliyah  Plus Keterampilan Al Irsyad Gajah”



Sumber:
Ahmadi, Mukhsin. 1990. Keterampilan Berbahasa & Apresiasi Sastra. Malang:    YA3
Depdiknas. 2005. Pengembangan Kemampuan Menulis Karya Ilmiah. Jakarta: Depdiknas.
Mulyono, Iyo.  2011. Dari Karya Ilmiah Sampai Dengan Soft Skills. Bandung: Yrama Widya.
Soeseno, Slamet. 1984. Teknik Penulisan Ilmiah Populer. Jakarta: PT Gramedia.
Suyitno, Imam. 2011. Karya Tulis Ilmiah (KTI) Panduan, Teori, Perlatihan, dan Contoh. Bandung: PT Refika Aditama









0 komentar:

Posting Komentar