I.
Penulisan
Pendahuluan
Bagian
pendahuluan dalam karya ilmiah berisi uraian secara lebih rinci yakni,
a) Latar Belakang Masalah
Latar belakang berisi tentang
alasan-alasan pemilihan topik bahasan. Tujuan bagian ini meyakinkan pembaca
bahwa masalah tersebut penting untuk dikaji.
Contoh:
Latar belakang karya ilmiah yang berjudul “Pengaruh
Budaya Ahad Bersih dengan Perilaku Kebersihan Siswa di
Madrasah Aliyah Plus Keterampilan Al Irsyad Gajah”
b) Rumusan Masalah
Perumusan Masalah, Pertanyaan, dan
Tujuan Penelitian
a)
Perumusan Masalah Penelitian
Terdapat
dua pengertian pokok dari kata masalah dalam KBBI. Pengertian pertama adalah
persoalan yang harus dipecahkan atau dicari pemecahannya. Rumusan pokok masalah
penelitian yang dilandasi pengertian tersebut, misalnya sebagai berikut.
a)
Rendahnya kemampuan berbahasa Inggris
para lulusan sekolah menegah atas.
b)
Pengunjung pasar tradisional yang secara
kuantitatif terus menurun.
c)
Sektor pariwisata Jawa Timur yang belum
berkembang secara optimal.
Pengertian yang
kedua dari perkataan masalah adalah hal, ihwal, atau topik. Rumusan pokok
masalah penelitian yang sejalan dengan pengertian kedua ini, diantaranya adalah
sebagai berikut.
a)
Pengaruh budaya ahad bersih dengan
perilaku kebersihan siswa
b)
Penggunaan kalimat ragam pasif pada
pidato kedinasan.
c)
Pedagang kaki lima di kota-kota besar di
Indonesia.
b)
Perumusan Pertanyaan Penelitian
Dari
rumusan masalah penelitian tersebut, dirumuskanlah pertanyaan-pertanyaan
penelitian yang akan dicari jawabannya melalui penelitian itu.
Di
bawah ini dirumuskan pertanyaan-pertanyaan penelitian dari dua buah rumusan
masalah yang akan dikemukakan di atas.
a) Pertanyaan penelitian untuk pengaruh
budaya ahad bersih dengan perilaku kebersihan siswa:
1) Adakah
pengaruh budaya ahad bersih berpengaruh pada perilaku
kebersihan siswa pada MA Plus Keterampilan Al Irsyad Gajah?
2) Bagaiamana
pengaruh budaya ahad bersih dengan perilaku kebersihan siswa pada MA Plus
Keterampilan Al Irsyad Gajah?
b) Pertanyaan penelitian untuk studi
tentang penggunaan ragam kalimat pasif dalam pidato kedinasan:
1)
Seberapa seringkah ragam kalimat pasif
digunakan?
2) Ragam kalimat pasif yang manakah yang
digunakan dan bagaimanakah keseringannya?
3)
Adakah alasan dari penggunaan ragam
kalimat pasif tersebut?
4)
Adakah kesadaran dari pihak penutur
bahwa dia menggunakan kalimat pasif, tidak menggunakan ragam kalimat aktif?
5)
Tepatkah struktur kalimat pasif yang
digunakan itu?
c) Perumusan Tujuan Penelitian
Perumusan
tujuan penelitian selalu sejalan dengan perumusan pertanyaannya. Dengan begitu,
tujuan dari masalah-masalah penelitian di atas dapat dirumuskan sebagai
berikut.
Tujuan
penelitian pengaruh budaya ahad bersih dengan perilaku kebersihan siswa dengan
rincian:
1) Mendeskripsikan
seberapa besar pengaruh budaya ahad bersih terhadap perilaku kebersihan siswa
di MA Plus Keterampilan Al Irsyad Gajah.
2) Mendeskripsikan
bentuk pengaruh budaya ahad bersih terhadap perilaku kebersihan siswa di
MA Plus Keterampilan Al Irsyad Gajah.
Tujuan penelitian tentang
penggunaan ragam kalimat pasif dalam pidato kedinasan adalah terdeskripsikan
informasi tentang penggunaan ragam kalimat pasif, dengan rincian:
1)
Deskripsi tentang frekuensi
penggunaannya,
2)
Deskripsi tentang jenis-jenis ragam
kalimat pasif yang digunakan,
3)
Deskripsi tentang alas an penggunaannya,
dan
4)
Deskripsi tentang kesadaran penutur
dalam memilih dan menggunakannya.
Menyangkut perumusan tujuan
penelitian seperti yang dikemukakan di atas tidak benar menggunakan frasa
“untuk mengetahui”. Frasa yang relevan untuk digunakan, selain “untuk
mendeskripsikan”, relevan juga frasa “untuk memaparkan”, “untuk menggambarkan”,
atau “untuk memerikan”.
Perumusan tujuan penelitian tidak
bisa disatukan dengan tujuan penulisan hasil penelitian. Tujuan penulisan
tepatnya dirumuskan di halaman judul dan di bagian kata pengantar. Perumusan
tujuan penulisan akan disesuaikan dengan lembaga tempat penelitian itu
diselenggarakan. Rumusannya adalah sebagai berikut.
a.
Tujuan penulisan hasil penelitian ini
adalah untuk memenuhi syarat Ujian Akhir Program untuk jenjang S-1.
b.
Tujuan penulisan laporan penelitian ini
adalah untuk memenuhi harapan penyelenggaraan Proyek Pembinaan dan Pengembangan
Bahasa Daerah di Indonesia.
d) Manfaat
Suatu kegiatan yang telah direncanakan
dengan baik dan dilaksanakan sesuai dengan rencana pasti akan memberikan
manfaat bagi pihak-pihak tertentu yang terkait dengan kegiatan tersebut.
Kegiatan penulisan karya ilmiah akan memberikan manfaat bagi pihak terkait
dengan karya ilmiah tersebut. Diantaranya adalah guru, siswa, dan sekolah.
Contoh:
Manfaat karya ilmiah
yang berjudul “Pengaruh Budaya Ahad
Bersih dengan Perilaku Kebersihan Siswa di Madrasah
Aliyah Plus Keterampilan Al Irsyad Gajah”
e) Sistematika Penulisan
BAB I PENDAHULUAN
1.1 Latar
Belakang
1.2 Rumusan Masalah
1.3 Tujuan
Penulisan
1.4 Manfaat
Penulisan
1.5 Sistematika Penulisan
BABII
KAJIAN PUSTAKA
2.1 Kajian Pustaka
2.2 Kerangka Teoretis
2.2.1 …
2.2.2 …
BAB III METODE
PENULISAN
3.1 Waktu
dan Tempat Penelitian
3.2 Metode
Penentuan Subjek Penelitian
3.3 Variabel
Penelitian
3.4 Metode
Pengumpulan Data
3.5 Metode
Analisis Data
BAB IV PEMBAHASAN
4.1 Persiapan
Penelitian
4.2 Pelaksanaan Penelitian
BAB V PENUTUP
5.1 Kesimpulan
1.2 Saran-saran
f)
Kajian
Pustaka
Kajian pustaka adalah kajian teori yang
mendasari penelitian dan dapat mengungkap tentang: What (apa) berupa definisi
atau pengertian, Who (siapa) berupa penemu atau pendapat siapa, Why (mengapa)
mengapa teori itu ada, How (bagaimana) teori itu digunakan atau hasil penelitian
terdahulu (oleh orang lain) (Suyitno, 2011:51).
Contoh:
Kajian Pustaka karya ilmiah yang
berjudul “Pengaruh Budaya Ahad Bersih
dengan Perilaku Kebersihan Siswa di Madrasah
Aliyah Plus Keterampilan Al Irsyad Gajah”
Sumber:
Ahmadi,
Mukhsin. 1990. Keterampilan Berbahasa
& Apresiasi Sastra. Malang: YA3
Depdiknas. 2005. Pengembangan Kemampuan Menulis Karya Ilmiah. Jakarta: Depdiknas.
Depdiknas. 2005. Pengembangan Kemampuan Menulis Karya Ilmiah. Jakarta: Depdiknas.
Mulyono,
Iyo. 2011. Dari Karya Ilmiah Sampai Dengan Soft Skills. Bandung: Yrama Widya.
Soeseno,
Slamet. 1984. Teknik Penulisan Ilmiah
Populer. Jakarta: PT Gramedia.
Suyitno,
Imam. 2011. Karya Tulis Ilmiah (KTI)
Panduan, Teori, Perlatihan, dan Contoh.
Bandung: PT Refika Aditama
0 komentar:
Posting Komentar