.post-body.entry-content { text-align: justify; }

Senin, 08 April 2013

Isi Karya Ilmiah

Isi Karya Ilmiah
 

   Sebelum melangkah pada isi karya ilmiah, kita harus membatasi jenis karya ilmiah yang akan kita bahas. Karya ilmiah yang akan dijelaskan di sini adalah makalah penelitian karena sesuai dengan sasaran pembaca yakni siswa SMA. Di jenjang pendidikan ini umumnya penulisan karya ilmiah diberikan sarana melalui kegiatan ekstrakurikuler KIR.
   Apa isi makalah penelitian sebagai salah satu wujud karya ilmiah remaja? Makalah penelitian adalah tulisan ilmiah yang membahas pokok masalah tertentu secara objektif, tidak memihak, berdasarkan fakta, sistematis/runtut, dan logis. Sudjana (depdiknas, 2005:5) Menurut cara berpikir, makalah dibedakan menjadi dua macam yaitu, makalah deduktif dan makalah induktif. Makalah deduktif ialah menerapkan teori tertentu dalam memecahkan masalah yang dipilihnya. Sedangkan makalah induktif merupakan pembahasan masalah dengan menyajikan penjelasan  gejala, fakta, dan data dari hasil pengamatan lapangan yang kemudian disimpulkan.
    Isi bagian inti makalah terdiri atas tiga pokok, yaitu: (1) pendahuluan, (2) teks utama/pembahasan, dan (3) penutup (Suyitno, 2011:86). Pendahuluan berisi tentang alasan-alasan disertai teori-teori mengapa makalah itu di tulis, teks utama/pembahasan berisi gagasan-gagasan pokok yang akan dibahas, dan penutup berisi simpulan atau rangkuman pembahasan dan saran-saran. Penjelasan lebih rinci tiga pokok isi bagian inti makalah dapat dilihat pada menu penulisan.

0 komentar:

Posting Komentar