.post-body.entry-content { text-align: justify; }

Rabu, 03 April 2013

Pengembangan Gagasan


Dalam tahap penulisan perlu diperhatikan berbagai aspek, karena dalam tahap ini mengedepankan proses kreatif bagi para peneliti. Berikut adalah hal-hal yang perlu
diperhatikan dalam tahap penulisan. 
Pengembangan Gagasan
Pengembangan gagasan yang telah diperoleh akan dituliskan dalam bentuk paragraf dan harus terdapat kesesuaian antara tema dengan hasil penulisan. Karya ilmiah tidak boleh menjalar kian kemari, melainkan khusus membatasi diri membahas topik tertentu secara spesifik yang mendalam. 
Pola Pemecahan Tema Karya Ilmiah
Dasar pengerjaan penulisan karya ilmiah didasarkan dari tema yang telah ditentukan dapat menggunakan salah satu atau dua pola penyusunan bahan dibawah ini,
          Pola pemecahan topik
Memecah topik menjadi bagian-bagian yang lebih kecil tetapi tegas kemudian menganalisa masing-masing.
Contoh:

             Pola masalah dan pemecahannya
Pola ini mengemukakan masalah (bisa lebih dari satu) yang berada dalam tema , secara jelas terlebih dulu. Kemudian merinci pemecahan masalah yang dikemukakan oleh para ahli di bidang keilmuan yang bersangkutan.
Contoh:

            Pola kronologi
Pola ini menggarap topik menurut urut-urutan peristiwa yang terjadi.
Contoh:
           Pola pendapat dan alasan pemikiran
Pola ini mengemukakan pendapatnya sendiri tentang topik yang dikerjakan, dan harus didukung alasan pemikiran yang kuat..
Pola ini jarang digunakan, karena sulitnya mengumpulkan bukti dan evidensi (kenyataan yang mendukung kebenaran sesuatu pernyataan). Namun kalau memang berhasil, tulisan itu merupakan sumbangan pemikiran yang asli. Nilainya lebih tinggi daripada penulisan karya ilmiah yang dikerjakan dengan pola lain.
Contoh:

            Pola pembandingan
Pola ini mengemukakan dua aspek atau lebih dari sesuatu topik, dan menunjukkan persamaan dan perbedaannya.
Contoh:


0 komentar:

Poskan Komentar